Minggu, 25 September 2016

Dadar Gulung



Bismillahhirrahmannirrahim. 

Assalamu’alaikum...

Karena saya punya parutan kelapa sisa membuat Bothok Tempe kemarin, daripada bingung-bingung, dan sayang juga kalau dibuang, maka diputuskan untuk mencoba membuat Dadar Gulung. Tahu Dadar Gulung kan? Itu lho, salah satu jajanan pasar yang terbuat dari telur dadar yang diisi dengan parutan kelapa, biasanya berwarna pink dan hijau. Karena proses memasak parutan kelapanya memakai gula, maka rasa yang ditimbulkan dari jajanan ini adalah manis dan beraroma pandan (kalau warna hijau yang ditimbulkan dibuat dari perasan daun pandan ataupun pasta pandan). 

Saya termasuk salah satu penggemar dari jajanan ini. Saya sering meminta ibu saya untuk membelikan jajanan ini ketika ibu saya pergi ke pasar. Saya pun nggak pernah membayangkan saya akan membuat jajanan ini sebelumnya. Karena sebenarnya, saya agak trauma untuk membuat makanan atau jajanan yang menggunakan kulit lumpia atau kulit dadar. Kenapa? Saya sering banget gagal saat proses pembuatan kulitnya. Entah bolong ditengah, entah ketebelan, entah gampang sobek, dan berbagai kemungkinan lainnya. Jadi membuat saya agak drama. Males nerusin tapi sudah terlanjur, mau nerusin, kulitnya rusak semua. Sedih dan dilema. Huhuhu.

Tapi, tetep maksa mau nyobain membuat Dadar Gulung sebagai akibat punya parutan kelapa. Hehehe. Sambil dag dig dug bikin kulitnya, akhirnya dimasak juga, hehehe.

Dadar Gulung
Source: combine ig @hanhanny (ig @doyanbaking) dan fb Daftar Menu Resep
Modified by me.

Bahan Kulit:
150 gr tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1 butir telur
1 sdm tepung maizena
275 ml air santan (saya pakai 2 santan kara @65 ml + 145 ml air)
3 sdm gula pasir
Sejumput garam
Pasta Pandan secukupnya

Bahan Isi Unti Kelapa:
200 gr kelapa parut (saya pakai kelapa yang muda)
1 blok gula merah (sisir untuk mempermudah pelarutan)
½ gelas air
Garam sejumput
1 helai daun pandan (skip)

Cara Membuat Kulit:

  1. Campur tepung terigu, garam, telur, santan dan air, aduk sampai licin, kemudian saring sampai tidak ada yang bergerindil agar penampakan mulus saat dibuat dadar.
  2. Tambahkan pasta pandan secukupnya sampai didapatkan warna hijau yang diinginkan.
  3. Panaskan teflon dengan api kecil.
  4. Buat dadar titis-tipis dengan teflon anti lengket, lakukan sampai adonan kulit habis.


Cara Membuat Isi:

  1. Didihkan air dan masukkan gula merah, masak sampai gula larut dan saring.
  2. Didihkan kembali larutan gula merah, masukkan parutan kelapa dan garam, aduk hingga rata.
  3. Tes rasa, tambahkan gula pasir secukupnya jika dirasa kurang manis.
  4. Masak sampai parutan kelapa agak kering.
  5. Angkat. Dinginkan.


Cara Menggulung Dadar:
  1. Ambil satu lembar dadar, bentangkan di atas nampan, isi dengan 2 sdm unti kelapa (kurang lebih).
  2. Lipat sisi bawah dadar ke atas menutupi unti kelapa, kemudian lipat sisi kiri dan kanan dadar ke dalam, guling dadar dari bawah ke atas. Prinsip membuat gulungan dadar adalah seperti melipat amplop ya, hanya saja tidak dilipat tetapi digulung.
  3. Lakukan hingga habis.
  4. Siap di sajikan.
Dadar Gulung
Menurut resep dari @hanhanny, jika ingin dadar agak bolong-bolong (berrongga) seperti yang dijual di penjual Dadar Gulung, masukkan adonan saat wajan benar-benar panas sampai terdengar bunyi desirannya. Karena menurutnya, kulit Dadar Gulung memang seharusnya berrongga yang menjadikan itu sebagai ciri khas dari Dadar Gulung. Tapiii, karena saya ini amatir bangeet, saya nggak berani memasukkan adonan kalau teflon terlalu panas, karena kalau kita nggak ahli, dadar akan langsung terbentuk tebal di tengah sebelum teflon sempat diputar. Makanya saya memakai api yang sangat kecil agar saya bisa memutar teflon untuk melebarkan dadar. Begitu. Walhasil, dadar saya mulus bangeet, hehehe. Tapi, Alhamdulillah rasanya pas, tidak terlalu manis, siap disajikan sebagai camilan sore ditemani dengan teh hangat, sedaap...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya...


Salam,



Lisa.

1 komentar: